Kyrgiztan Kembali Tangkapi Aktivis Hizbut Tahrir

Menteri dalam negeri Republik Kyrgiztan, baru-baru ini mengumumkan pihaknya menangkapi setidaknya enam orang aktivis Islam yang diduga terlibat gerakan Hizbut Tahrir dengan tuduhan penyebaran pemikiran yang "tidak diterima" dan bertentangan dengan negara.

Dalam keterangannya, kementrian dalam negeri republik eks Uni Sovyet itu mengetengahkan ratusan barang bukti berupa atribut HT, mulai dari buku, kaset, dan juga video. Selain itu, keamanan Kyrgiztan juga menuduh pihak HT telah melakukan serangkaian aksi pemberontakan di beberapa wilayah negeri itu.

Sementara itu, di sisi yang lain, pihak HT Kyrgiztan membantah dan menolak jika dikatakan sebagai gerakan yang membahayakan. Pasalnya, HT Kyrgiztan mengaku selama ini menjalankan misinya dengan penuh perdamaian.

Selain berurusan dengan HT, keamanan Kyrgiztan, yang di atas tanahnya terdapat pangkalan militer Amerika dan Russia sekaligus, juga menyatakan pihaknya tengah berurusan dengan organisasi Islam garis keras lainnya yang diduga terkait dengan gerakan Taliban di Afganistan. (L2/mi)