Lagi, 9 Antek NATO Tewas Akibat 'Kecelakaan' Helikopter di Afghanistan

Sebuah pesawat kargo yang membawa perbekalan untuk pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan jatuh ke pegunungan dekat Kabul, menewaskan sembilan anggota awak yang ada di dalam pesawat.

Kepala bandara Kabul, Mohammad Yaqoub Rasouli, mengatakan kepada DPA bahwa pesawat kargo membawa warga Filipina, Kenya dan penumpang India jatuh tujuh kilometer sebelah timur ibukota Afghanistan.

Pesawat itu terbang dari pangkalan udara Bagram di Afghanistan timur, otoritas sipil penerbangan negara mengatakan.

Pesawat kargo itu membawa perlengkapan untuk pasukan NATO pimpinan Amerika di negara yang dilanda perang. Pejabat resmi mengatakan penyebab kecelakaan belum diketahui.

Insiden itu terjadi beberapa jam setelah sebuah helikopter AS meledak di Afghanistan timur, menewaskan sedikitnya dua orang.

NATO mengatakan 26 orang yang berada di atas helikopter Chinook AS meledak tak lama setelah mendarat. Sepuluh pasukan pimpinan Amerika terluka dalam ledakan itu.

Pejuang Taliban mengaku bertanggungjawab atas ledakan itu, dan mengatakan semua orang yang ada di atas helikopter tewas.

Sebelumnya pada bulan September, sembilan tentara AS juga tewas dalam ‘kecelakaan’ helikopter. Taliban mengaku bahwa merekalah yang menembak jatuh helikopter tersebut.(fq/prtv)