Lagi, Pastor Katolik Pencabul Anak-Anak Ditangkap di Jerman

Polisi Jerman telah menangkap seorang pastor Katolik atas dugaan melakukan kekerasan seksual terhadap anak-anak setelah ibu korban melakukan tekanan pengadilan.

"Pastor tersebut telah mengakui tuduhan yang diajukan terhadap dirinya di kepolisian," polisi setempat menyatakan pada situs internet mereka pada hari Minggu kemarin (17/7) tanpa menyebut nama pastor itu.

Sebuah penyelidikan dalam kasus ini telah dimulai pada awal Juli, Reuters melaporkan.

Joachim Geyer, juru bicara kantor jaksa di kota Braunschweig Jerman, mengatakan surat perintah penangkapan telah dikeluarkan terhadap pastor tersebut.

Tindakan pelecehan seksual terhadap anak-anak ini, telah terjadi beberapa tahun lalu.

Polisi sendiri telah merencanakan untuk menangkap pastor tersebut minggu depan. Namun, pada saat pastor itu melakukan perjalanan bersama-sama dengan anak-anak yang diselenggarakan oleh gereja, penangkapan akhirnya dilakukan lebih awal.

Jerman selama beberapa tahun terakhir mengalami beberapa kasus kekerasaan anak-anak secara fisik dan seksual dalam institusi yang dominan dijalankan oleh Gereja Katolik Roma.

Pada tahun 2010, sekitar 180,000 warga Jerman meninggalkan Gereja Katolik karena banyaknya kasus para pastor yang melakukan tindak pedofilia terhadap anak di bawah umur.

Kasus ini menunjukkan peningkatan 40 persen dari tahun 2009.

Sebuah laporan yang diposting di situs untuk penyiaran Jerman ARD pada bulan April lalu menunjukkan bahwa ribuan anak-anak telah disiksa di gereja yang membina panti asuhan di Jerman antara tahun 1949 hingga 1975. (fq/prtv)