free hit counters
 

Laporan: Jumlah Muslim Dunia akan Naik Dua Kali Lipat dalam 20 Tahun

Al Furqan – Kamis, 20 Safar 1432 H / 27 Januari 2011 13:13 WIB

Sebuah laporan terbaru memperkirakan bahwa jumlah umat Islam di seluruh dunia akan tumbuh 35 persen selama 20 tahun ke depan dua kali lipat dari jumlah non-Muslim, tetapi bahwa tingkat pertumbuhan yang cepat itu akan cepat mati.

Dengan lebih banyak muslim wanita yang mendapatkan pendidikan dan pekerjaan, orang-orang bermigrasi ke kota-kota dan meningkatkan standar hidup mereka, laporan itu mengatakan, angka kelahiran di negara-negara mayoritas Muslim akan hadir lebih dekat menyerupai pola di negara-negara lain.

Namun prediksi bahwa Eropa akan menjadi mayoritas Muslim "Eurabia" tidak berdasar, menurut laporan oleh Pew Research Center’s Forum on Religion and Public Life, kelompok riset non-partisan. Muslim di Eropa terdiri hanya 6 persen penduduk pada tahun 2010 dan akan tumbuh 8 persen pada 2030, kata laporan itu.



Di AS, laporan ditemukan sekitar 2,6 juta Muslim di tahun 2010, jumlah ini diproyeksikan meningkat menjadi 6,2 juta dalam 20 tahun ke depan. (Angka 2,6 juta jauh lebih rendah daripada angka yang diklaim oleh beberapa kelompok Muslim Amerika tetapi tidak keluar dari jalur dengan beberapa studi sebelumnya.)

Laporan ini juga menemukan bahwa Muslim pemuda lebih menonjol – tingginya persentase umat Islam di seluruh dunia pada usia remaja dan usia 20-an – telah mencapai puncaknya. Tren Itu bisa mempengaruhi politik di negara-negara dengan populasi muda bergolak.

Secara global, umat Islam kini mencapai 23,4 persen dari populasi, dan jika kecenderungan ini terus berlangsung, akan ada 26,4 persen pada 2030 dari total penduduk dunia yang diproyeksikan sebesar 8,3 miliar pada tahun 2030, naik dari 23,4% dari populasi dunia pada tahun 2010 dan diperkirakan akan berjumlah sebesar 6,9 miliar.

Pada tahun 2030, Pakistan akan memiliki penduduk Muslim terbesar, melebihi Indonesia, dan Nigeria serta akan melampaui Mesir. (fq/nyk)

Dunia Islam Terbaru