Libya Belum Terpulihkan , Hadapi Banyaknya Pertikaian Milisi

libya 1Demonstran Libya turun demonstrasi ke jalan pada hari Minggu menyerukan pembubaran milisi yang telah melanda Tripoli sejak berakhirnya perang pada  tahun 2011.

Pemerintah mengatakan hal itu dengan mengambil kembali kendali kementerian dalam negeri yang dikepung oleh kelompok bersenjata yang memasuki gedung pada hari Selasa dan memerintahkan staf kementrian untuk pergi.

Kerumunan sekitar 300 orang berkumpul di ibukota Algeria Square melambaikan bendera putih dan membawa spanduk bertuliskan “Tidak ada brigade, tidak ada milisi, kami ingin tentara yang setia kepada negara” serta  spanduk “Tanpa tentara dan polisi, Libya dalam masalah”.

Kelompok-kelompok bersenjata yang terdiri dari mantan pemberontak dari berbagai negara Afrika Utara telah tumbuh menjadi kekuatan dan ambisi berperan sejak penggulingan Muammar Qaddafi dan menjadikan pemerintah pusat yang lemah untuk menerapkan wewenangnya atas eksistensi pemerintahan.

“Sebagian besar masalah di kota disebabkan oleh milisi yang berjuang untuk kekuasaan,” kata Nasreldeen Abdullah, salah satu peserta protes itu,. “Ada perampokan, kekerasan dan warga sipil dibunuh tanpa alasan. Kami sudah muak dengan ini. ”

Libya, salah satu negara produsen minyak utama, tetap dibanjiri dengan senjata setelah pemberontakan yang didukung pihak Barat. Tapi pemerintah pusat, yang pasukannya sendiri terlalu lemah untuk menjaga keamanan, telah mengharuskan mengkooptasi beberapa milisi yang paling kuat untuk mempertahankan keteraturan.

“Jika tidak ada keamanan atau stabilitas di ibukota, mana bisa ada keamanan dan stabilitas di tempat lainnya,” kata Mahmoud Bayou, peserta demonstrasi.

Sebuah komite kementerian telah melakukan pembicaraan untuk mendapatkan kembali kontrol dari kementerian dalam negeri dari pihak milisi, Menteri Listrik , Ali Mohammad Muhairiq mengatakan kepada wartawan. “Kami selalu berkomunikasi … untuk mengakhiri pengepungan dan kami berharap ini akan selesai dalam dua atau tiga hari,” katanya.

Pemerintah Libya mengatakan pihaknya sedang menyusun rencana untuk pembubaran milisi, tetapi belum memberikan rincian tentang bagaimana pihak berwenang akan menangani  para kelompok pejuang ini.

“Ini adalah sesuatu yang akan memakan waktu lama, tidak dapat dilakukan hanya dalam satu hari,” kata Muhairiq.

Perdana Menteri Ali Zeidan mengatakan pemerintah akan menaikkan gaji untuk memikat mantan pejuang pemberontak untuk masuk ke  dalam angkatan bersenjata negara. Dia menambahkan bahwa sekitar 19.500 orang – polisi dan tentara – akan dikirim untuk pelatihan militer  ke Amerika Serikat, Perancis, Inggris dan Italia. (Arby/KH)