Menlu Israel Disambut Demo dalam Kunjungannya ke Yunani

Puluhan warga Palestina di Yunani turun ke jalan untuk memprotes kunjungan Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman.

Warga Palestina dan pendukung pro-Palestina berkumpul pada hari Rabu kemarin (12/1) di depan parlemen di ibukota Yunani, Athena, dan mengecam kunjungan Lieberman ke negara itu, kantor berita Yunani ANA melaporkan.

Para demonstran membawa bendera Palestina dan foto warga Palestina yang terluka atau terbunuh oleh pasukan Israel.

Lieberman melakukan kunjungan empat hari ke Yunani yang merupakan anggota NATO pada Rabu kemarin untuk melakukan pembicaraan dengan pemimpin negara itu. Acara ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh menteri luar negeri Israel lebih dari 15 tahun.

Setelah tiba di Yunani, Lieberman bertemu rekannya Dimitris Droutsas dan juga dijadwalkan untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Carolos Papoulias, Perdana Menteri George Papandreou, Menteri Pertahanan Evangelos Venizelos dan menteri negara untuk investasi, Haris Pamboukis.

Sebelumnya Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga melakukan perjalanan ke Yunani bulan Agustus lalu dan menjadi perdana menteri pertama Israel yang melakukan kunjungan ke negara tersebut.(fq/prtv)