Lima Orang Turki Dicurigai Akan Serang Erdogan

Kepolisian Turki menangkap lima orang dengan tuduhan merencanakan serangan terhadap Perdana Menteri Recep Tayyib Erdogan. Surat kabar Milliyet menyebutkan, kepolisian di selatan provinsi Adana telah menangkap seorang perempuan yang punya hubungan dekat dengan militer dan aparat keamanan Turki. Perempuan itu disebut-sebut telah memberikan informasi pada empat orang lainnya yang juga ditangkap.

Menurut surat kabar tersebut, Gubernur Adana, Ilhan Atis membenarkan penangkapan itu tapi tidak menyebutkan apakah kelima orang itu ditangkap karena merencanakan serangan terhadap Erdogan. Namun para penyelidik mengatakan, bahwa perempuan tersebut merencanakan serangan terhadap Erdogan saat perdana menteri itu datang yang ke provinsi Adana untuk keperluan kampanye.

Polisi Turki juga tidak menjelaskan apakah kelima orang yang ditangkap terkait dengan investigasi "Ergenekon", proses peradilan yang saat ini sedang berlangsung di Istanbul terhadap kurang lebih 90 orang-diantaranya bekas pejabat militer Turki-yang dituduh berkonspirasi dengan kelompok sayap kiri Ergenekon untuk menumbangkan pemerintahan Erdogan dengan cara melakukan pembunuhan dan aksi teror serangan bom. (ln/aby)