Logistik Memburuk bagi Mereka Yang Mempertahankan Desanya Dari rezim

Redaksi Jakarta  :

Ya Ustadz, mohon kabari kami kondisi logistik di tempat antum bertugas, dan bagaimana kondisi logistik juga di masyarakat Suriah saat ini ?

Fahmi Suwaedi di Suriah :

Alhamdulillah kami cukup makan, bahan makanan dan kebutuhan sehari hari bisa kami dapatkan, tetapi harga melambung tinggi.

Para pengungsi di tempat lokasi pengungsian yang tedaftar di Turki cukup terjamin. Sembako di sana meliputi madu, susu, roti, selai dan sebagainya. Layanan kesehatan juga ada. Bahkan sekolah anak anak pun disediakan.

Namun yang memprihatinkan adalah mereka yang mengungsi ke desa desa perbatasan, di rumah saudara dan sebagainya. Dan juga mereka yang bertahan di kampungnya.

Mereka setiap hari harus bersabar menghadapi serangan bom. Survive mereka seadanya tanpa listrik. Inilah yang mendapatkan layanan kesehatan dasar dari klinik tempat HASI bertugas membantu.

Mereka tak mengungsi karena ingin  mempeertahankan desa dan daerahnya dari pencaplokan wilayah oleh pasukan rezim. Banyak diantaranya  yang ber-ribath dan berjihad adalah penduduk awam yang menjaga kampungnya sendiri, termasuk bekas militer rezim yang membelot dan kembali ke desanya untuk membantu pertahanan keluarga, para tetangganya dan masyarakat di wilayahnya. – Whatsapp pukul 13.00 WIB 3 Januari 2013 –