free hit counters
 

LSM Jepang Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Al Furqan – Senin, 14 Muharram 1430 H / 12 Januari 2009 09:35 WIB

LSM-LSM di Jepang sabtu kemarin menggelar aksi kepedulian terhadap rakyat Palestina di Gaza. Aksi yang dilakukan oleh LSM-LSM ini diantaranya adalah; Bhudism International Collaboration Network, Amnesty International Japanese Section, NGO Japan International Volunteer Center (JVC), Japanese mountain Myoho-ji Temple, The religion person network, The Nippon Sei Ko Kai Tokyo parish "Jerusalem parish collaboration committee", Japan Palestine Medical Association, Japan YWCA,NGO Campaign for Children of Palestine, The Japanese Committee for the Children of Palestine, The Peace Boat.

Aksi ini berupa long march/parade berjalan dari shiba koen, melalui tokyo tower dan berakhir di ropponggi. Aksi yang di ikuti tidak kurang dari 2000 orang ini dimulai pada pukul 4 sore dan berakhir pada pukul 6 sore waktu setempat. Tuntutan-tuntutan para LSM yang menggelar aksi tersebut, meminta diadakannya gencatan senjata dan saling menghentikan serangan, serta stop pembunuhan anak-anak dan kaum wanita.

Poster-poster juga menunjukkan tuntutan dan ekspresi mereka, misalnya : Israel the teror state, Aso (PM Jepang) ganbatte (untuk menyelesaikan permasalahan) dengan foto besar Taro Aso. Dan orasi-orasi di setiap grup elemen ketika parade. Tiap-tiap grup berekspresi dengan caranya sendiri, ada yang dengan drum, ada yang orasi, ada yang menggunakan mobil berpeaker besar. Awal parade, diputar lagu John Lennon (Imagine) yang mungkin untuk menggambarkan tentang kekejaman perang.

Aksi ini cukup menarik perhatian masyarakat sekitar yang kebetulan dilalui, termasuk di Tokyo tower. Aksi berlangsung dengan tertib dijaga oleh kurang lebih 200 polisi yang bertugaskan mengamankan jalannya aksi. (Mukhamad Najib, Tokyo Jepang)

Dunia Islam Terbaru