free hit counters
 

Lukisan Karya Warga Mesir Tembus Rekor Penjualan Sebesar 2,43 Juta Dolar

Al Furqan – Kamis, 14 Jumadil Awwal 1431 H / 29 April 2010 12:12 WIB

Sebuah karya oleh maestro pelukis Mesir, Mahmud Said berhasil terjual dengan nilai $ 2.430.000 pada sebuah lelang di Dubai, hal ini menjadi rekor tertinggi untuk lukisan modern yang dibuat oleh artis Timur Tengah, kata rumah lelang Christie.

Lukisan yang bertajuk "Les Chadoufs," menggambarkan petani Mesir mengambil air dari Sungai Nil.

Rumah Christie, yang menyelenggarakan acara lelang pada Selasa malam lalu (27/4) di sebuah hotel mewah di Dubai, telah membuka penawaran harga lukisan karya pelukis Mesir tersebut sebesar $ 150.000 hingga $ 200.000.

Rumah lelang Inggris tersebut mengatakan harga tertinggi yang dicapai sebesar $ 2.430.000 merupakan rekor tertinggi untuk seni lukis modern yang dibuat oleh artis asal Timur Tengah." Namun Christie tidak mengungkapkan pembeli yang berhasil membeli lukisan itu.

Acara lelang dihadiri oleh puluhan pembeli, dengan sebagian pembeli lain ikut berpartisipasi melalui telepon ataupun secara online internet.

Sebuah pernyataan yang disampaikan rumah lelang Christie mengatakan bahwa penjualan rumah lelang mereka menjaring total sebesar 15,1 juta dolar lebih besar dua kali lipat dari ahsil penjualan pada lelang bulan Oktober tahun lalu di Dubai yang hanya mampu menghasilkan penjualan sevesar 6.700.000 Dolar, yang terpukul oleh krisis keuangan global.



Lukisan yang dibuat oleh Mahmud Said, seorang pelukis Mesir yang meninggal pada tahun 1964 pada usia 67 tahun, sebelunya menjadi milik mantan walikota kota Jeddah Saudi, Mohammed Said Al-Farsi.

Lukisan tersebut dilelang bersama dengan 25 karya lain dari koleksi pribadi Al-Farsi yang mencapai total harga sebesar $ 8.700.000.

"Sunset Sungai Nil di Luxor," merupakan lain lukisan Said, yang dijual seharga $ 902.000, sementara "Poet and Cage," sebuah patung karya seniman Iran Parviz Tanavoli, dijual seharga $ 1.020.000.

Rumah lelang Christie mengatakan bahwa 64 persen dari pembeli berasal dari Timur Tengah, sementara sisanya berasal dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia.(fq/aby)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus