Malaysia Siap Pasarkan Vaksin Meningitis Berlabel Halal Pertama di Dunia

Malaysia siap memasarkan vaksin meningitis yang dijamin kehalalannya. Vaksin meningitis merupakan vaksin yang biasa diberikan bagi para calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Vaksin meningitis halal ini merupakan vaksi meningitis halal pertama di dunia, yang berhasil diproduksi oleh Universiti Sains Malaysia (USM). Keberhasilan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Malaysia-sebagai negara pusat produk halal- yang sejak lama ingin merealisasikan keinginannya untuk bisa memproduksi vaksin meningitis halal.

Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Mustapa Muhammad pada kantor berita Bernama mengatakan, dalam dua tahun ke depan, akan diproduksi vaksin meningitis halal senilai satu juta dollar atas kerjasama USM degan Finlay Institute, Kuba dengan melibatkan 12 ahli dari USM dan 30 pakar asal Kuba.

Vaksin tersebut diolah dan diambil dari esktrak hewan yang dsudah dipotong dengan cara yang Islami. Menurut Mustapa, USM memilih Finlay Institute sebagai partner, karena institut itu dinilai sebagai institut kesehatan terbaik di Kuba dan di dunia.

Nota Kesepahaman kerjasama antara kedua lembaga pendidkan tadi, akan ditandatangani di Kuba pada bulan Desember mendatang.

Para calon jamaah haji, akan diuntungkan dengan adanya vaksin meningitis yang sudah terjamin kehalalannya. Apalagi saat ini, menurut Mustapa, umat Islam sangat bergantung pada vaksin meningitis yang diimpor dari luar negeri, untuk memenuhi persyaratan haji dan umrah yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi. (ln/iol)