Mantan Menteri Pertahanan Assad Membelot dari Suriah

habibMantan Menteri Pertahanan Suriah Jenderal Ali Habib , seorang anggota militer terkemuka dari Syiah Alawit , telah membelot dan sekarang berada di Turki , ujar anggota senior oposisi Suriah di Koalisi Nasional mengatakan kepada Reuters, Rabu .

Jika pembelotan dikonfirmasi , Habib akan menjadi pejabat  tertinggi dari minoritas Alawit yang memutuskan hubungan dengan Assad sejak pemberontakan terhadap pemerintahannya dimulai pada 2011.

” Ali Habib telah berhasil melarikan diri dari cengkeraman rezim dan dia sekarang di Turki , tapi ini tidak berarti bahwa ia telah bergabung dengan pihak oposisi . Saya diberitahu ini oleh pejabat diplomatik Barat , ” kata Kamal al – Labwani dari Paris .

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa  Habib telah membelot pada Selasa malam , tiba di perbatasan Turki sebelum tengah malam dengan dua atau tiga orang lain . Ia kemudian dibawa melintasi perbatasan dengan konvoi kendaraan .

Teman-temannya yang sesama perwira militer mendukung pembelotannya , kata sumber itu . Mereka diyakini juga telah meninggalkan Suriah tetapi tidak ada konfirmasi segera .

Labwani mengatakan Habib diselundupkan keluar dari Suriah dengan bantuan negara Barat .

Seorang pejabat di Tentara Pembebasan Suriah , yang tidak ingin diidentifikasi namanya , mengatakan Habib tampaknya telah dikoordinasikan pembelotannya  dengan bantuan Amerika Serikat .

Lahir pada tahun 1939 , Habib adalah Menteri Pertahanan dari tahun 2009 sampai August2011 ,  ia digantikan dengan alasan kesehatan.

Habib berpartisipasi dalam Perang Oktober 1973 melawan Israel , di mana Suriah gagal untuk merebut kembali Dataran Tinggi Golan yang diduduki , dan dalam Perang Teluk 1990-91 , ketika Hafez al – Assad berkuasa, ayah dari presiden Bashar , dan ikut  bergabung dengan koalisi pimpinan AS yang menggulingkan pasukan pendudukan Irak dari Kuwait . (Arby/Dz)