Mantan Utusan PBB untuk Afghanistan: Karzai Mungkin Seorang 'Pemakai'

Peter Galbraith yang merupakan mantan utusan internasional untuk Afghanistan pada Selasa lalu menyatakan keraguannya terkait stabilitas mental Presiden Afghanistan Hamid Karzai, ia mencurigai Karzai termasuk ‘pemakai’ yang doyan menggunakan obat-obatan tertentu.

Dia mengatakan hal itu pada jaringan kantor berita "MSN NBC", dalam pernyataannya Galbraith mengatakan: "Karzai cenderung berpidato terlalu panjang dan kuat, dan secara emosional kadang-kadang bertindak ceroboh. Bahkan, beberapa informasi dari orang dari dalam istana mengatakan bahwa Karzai tergila-gila terhadap salah satu jenis obat khusus (opium?) yang terkenal yang di produksi dan menguntungkan negaranya."

"Karzai kadang sangat capek penampilannya, namun satu sisi dia bisa sangat emosional dan bertindak impulsif," kata Galbraith.

Ketika ditanya apakah itu berarti Karzai memiliki masalah penyalahgunaan obat terlarang, Galbraith menjawab: "Ada laporan efek seperti itu, akan tetapi belum jelas penyebabnya namun pada kenyataannya Karzai bisa sangat emosional."

Galbraith juga meminta Presiden Barack Obama membatasi kekuasaan Karzai untuk menunjuk pejabat Afghanistan – sebuah negara yang terobek oleh perang – sampai dia membuktikan dirinya sebagai mitra terpercaya AS.

Peter Galbraith dipecat oleh PBB pada bulan September tahun lalu sebagai orang no 2 sebagai utusan PBB di Afghanistan setelah dia secara terbuka menuduh bosnya, Kai Eide, menyembunyikan adanya unsur penipuan pada pemilu Afghanistan yang menguntungkan presiden incumbent. Eide marah dan membantah tuduhan itu. (fq/imo)