Margaret Thatcher Tinggalkan Dunia

Margaret Thatcher, “perempuan Besi” yang mendominasi politik Inggris selama dua dekade, tinggalkan dunia pada hari Senin pagi setelah stroke, juru bicara keluarganya mengatakan. Dia berusia 87 tahun.

Perdana menteri wanita Thatcher terkenal vokal memimpin partai Konservatif untuk tiga kemenangan pemilu, pemerintahan 1979-1990, periode terpanjang yang kuasai kantor oleh perdana menteri Inggris sejak awal abad 19.

“Itu dengan sangat sedih bahwa saya belajar dari kematian Lady Thatcher,” kata Perdana Menteri David Cameron. “Kami telah kehilangan seorang pemimpin besar Inggris, seorang Perdana Menteri yang besar dan seorang warga Inggris yang besar.”

Thatcher menemui kematian pada Senin pagi, kata Lord Tim Bell, juru bicara keluarga Thatcher.

“Hal ini dengan sangat sedih bahwa Mark dan Carol Thatcher mengumumkan bahwa ibu mereka Baroness Thatcher hembuskan nafas setelah stroke pagi ini,” kata Bell.

Seorang putri seorang toko kelontong , ia menjadi tokoh dicintai dan tokoh yang dibenci dalam ukuran yang sama saat ia menghancurkan serikat buruh dan petak-petak privatisasi industri Inggris.

Ratu Elizabeth mengatakan ia sedih mendengar berita kematian Thatcher dan mengirim pesan simpati kepada keluarganya. (Dz/Arby)