Masjid Diserang, 10 Jamaah Sedang Sholat Ashar Meninggal

Masjid Diserang, 10 Orang Sedang Sholat Ashar Meninggal. Foto ilustrasi: Menara masjid

Masjid Diserang, 10 Orang Sedang Sholat Ashar Meninggal. Foto ilustrasi: Menara masjid

eramuslim.com — Terduga kelompok bersenjata dilaporkan membunuh 10 penduduk desa dalam serangan di sebuah masjid awal pekan ini di wilayah Tillaberi, Niger barat. Serangan yang dimaksud terjadi di Desa Abankor, di wilayah “Tri-Perbatasan”, di mana Niger, Mali dan Burkina Faso bertemu, Senin (11/10) lalu.

“Para penyerang tiba dengan sepeda motor saat sholat Ashar dan para korban berada di masjid ketika mereka dibunuh,” kata seorang pejabat di kota Banibangou, dikutip di News 24, Kamis (14/10).

Seorang penduduk kota tetangga Tondiwindi membenarkan serangan itu dan berapa jumlah korban tewas. Di radio lokal Studio Kalangou, seorang warga Abankor mengatakan satu orang terluka selain 10 orang tewas. Ia juga menambahkan, serangan itu terjadi pada sore hari.

Sejak awal 2021, serangan oleh kelompok bersenjata kerap terjadi di daerah sekitar Banibangou dan kota-kota terdekat di wilayah Tillaberi. Area dengan luas mencakup 100.000 kilometer persegi ini menjadi rumah bagi kelompok etnis, seperti Djerma, Fulani, Tuareg dan Hausa.

Daerah titik panas ini sering menjadi sasaran ISIS di Sahara Besar, maupun kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda untuk Dukungan Islam dan Muslim, dengan serangan yang mematikan terhadap warga sipil dan tentara.