McDonald’s Meningkat Pesat Di Timur Tengah, Ada Apa?

Peduli apa dengan krisis ekonomi global. Di Timur Tengah, gerai makanan cepat saji yang banyak dikritik di negaranya sendiri, Amerika Serikat, ternyata mengalami peningkatan pesat.

Bahkan di tahun 2010 ini, dalam dua tahun terakhir untuk pertama kalinya, McDonald’s akan menaikan harga jualnya dikarenakan adanya kenaikan biaya dan inflasi sewa lokal.

McDonald’s merupakan kerajaan gerai makanan di Timur Tengah. Terutama di UAE di mana masing-masing 5,1 juta penduduk makan rata-rata lima sandwich per tahun. Di negara ini, McDonald’s memiliki 52 gerai dan di atas satu juta transaksi per bulan.

Inflasi harga pangan yang tengah merajalela di UAE, di mana mata uang lokal dipatok terhadap dolar AS, ternyata tidak memperlambat ekspansi dan waralaba lokal McDonald’s di Timur Tengah.  

Emirates Fast Food Company mengatakan kepada Gulf News bahwa mereka akan membuka sepuluh restoran baru tahun ini dan menginvestasikan total sekitar $ 7 juta.

Saat ini di Arab Saudi, gerai McDonald’s sudah mencapai sedikitnya 60 buah. Di Kuwait 37 gerai, di Bahrain 8 gerai, Mesir 50 gerai. Total McDonald’s diperkirakan mempunyai 31.000 gerai di seluruh dunia.

Sungguh aneh orang Arab. Di Amerika sendiri, sekarang ini banyak rakyatnya yang mulai beralih dari McDonald’s. (sa/arabianmoney)