Media Mesir: Israel yang Sebarkan Kebohongan Mubarak Akan Segera Mati

Kairo marah atas adanya laporan yang menyebutkan presiden Mesir Husni Mubarak dalam kondisi kesehatan yang kritis dan menyalahkan Israel akan adanya rumor tersebut.

Dalam sebuah editorial yang diterbitkan dalam surat kabar al-Gumhuriyya, melaporkan kritikan tajam yang ditujukan pada liputan media Israel atas kondisi kesehatan Mubarak.

"Belum pernah ada presiden Mesir sejujur ini kepada masyarakat terkait tentang kondisi kesehatannya seperti Presiden Mubarak, namun desas-desus dan kebohongan terus menghantuinya," kata artikel tersebut.

Beberapa bulan terakhir terlihat lebih banyak laporan tentang kesehatan presiden Mesir itu. Pada bulan Maret lalu, Mubarak dirawat di rumah sakit Heidelberg di Jerman, di mana ia menjalani operasi kandung empedu .

Gelombang lain terkait rumor minggu lalu, setelah surat kabar Libanon as-Safir melaporkan bahwa presiden berangkat kembali ke Jerman untuk menjalani pengobatan. Kepedulian atas kondisi kesehatannya muncul setelah Mubarak menunda pertemuannya dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebanyak dua kali. Awal pekan ini, Washington Post melaporkan bahwa sumber-sumber barat percaya Mubarak memiliki kanker terminal dan akan mati dalam waktu setahun .

Editorial al-Gumhuriyya menekankan bahwa pengobatan kondisi medis presiden berbeda dibandingkan dengan masa pemerintahan mantan Presiden Jamal Abdul Nasser.

"Mubarak memberikan kesan yang berbeda dengan naik ke kekuasaannya. Dia seorang olahragawan yang sangat baik. Ia sering bermain squash meski tidak begitu lama, dan bahkan bermain hoki di masa mudanya. Sebelum dia berangkat untuk operasi terakhir di Jerman, ia bahkan akan ke lapangan olahraga setiap hari setelah pertemuan resminya."

Menurut artikel itu, Israel harus disalahkan karena menyebarkan desas-desus tentang kesehatan Mubarak yang semakin memburuk. "Mengapa kita mulai mengikuti publikasi dari kantor-kantor berita dan surat kabar yang memberikan laporan dari Israel dan yang memiliki hubungan dengan perusahaan Israel? Israel sedang berusaha untuk menghindari komitmen untuk perdamaian dan perjanjian politik."

Merujuk pada surat Shas pemimpin spiritual Rabbi Ovadia Yosef yang dikirim ke Mubarak, menyatakan berharap Mubarak dalam kesehatan yang baik , editorial berkata, "Pertama (Israel) mengatakan hanya tertarik dan berharap presiden dalam kondisi kesehatan yang dan kemudian malah menyebarkan laporkan bahwa presiden diam-diam pergi ke Jerman atau Perancis untuk tes kesehatan."

Penulis editorial menyatakan kemarahannya dengan mengatakan bahwa "Israel lupa bahwa Istana Kepresidenan menerbitkan pernyataan sebelum Mubarak pergi ke Jerman terakhir kali, dan setelah tumor jinak telah dihapus, para dokter Jerman juga melaporkan hal ini."

Motif di balik "kebohongan Israel", penulis mengatakan, jelas "Mubarak adalah salah satu kekuatan paling stabil di kawasan ini, tapi ini tidak membenarkan media untuk bertindak seperti ‘dokter’ yang menganalisis kondisi medis presiden dan menarik kesimpulan sendiri. "

Menurut penulis, penilaian Israel dan Barat pada kesehatan Mubarak didasarkan pada sumber-sumber yang tidak diketahui atau pejabat intelijen yang menolak untuk mengungkapkan identitas mereka. "The Israel dan media Barat sangat diketahui tujuannya, tapi mengapa media Mesir mengikuti mereka?" tanyanya.

Media Arab telah melaporkan kesehatan presiden memburuk selama beberapa tahun terakhir, dan laporan tersebut telah menyulut berbagai macam argumen tentang siapa yang akan mewarisi kursi presiden, dengan putranya Gamal yang diyakini menjadi penerusnya. Namun, presiden tidak mengkonfirmasi spekulasi tersebut.(fq/ynet)