Menara Eiffel Paris Berhias Bendera Turki

Dalam seminggu ini, pemandangan menara Eiffel di jantung ibu kota Prancis, Paris, tampak sangat lain dari biasanya. Menara hasil rancang arsitek Eiffel yang menjadi salah satu keajaiban dunia itu selama tanggal 5 hingga 11 (10) mendatang tampak berhias nyala lampu yang menggambarkan bendera Turki.

Wali kota Paris sendiri yang memberikan kebijakan untuk menghias simbol kebanggaan warga Prancis itu dengan bendera Turki, sebagai sambutan dan penghormatan kota Paris atas gelaran acara Musim Budaya Turki yang digelar di kota itu, sekaligus sebagai sambutan dan penghormatan bagi Presiden Turki Abdullah Gul yang akan datang mengunjungi Prancis beberapa hari mendatang.

Musim Budaya Turki di Prancis (Saison Turque en France) telah digelar sejak bulan Juli silam, dan berlangsung selama 9 bulan lamanya. Selama itu, Turki menyuguhkan berbagai macam pertunjukan, pameran, dan even-even kebudayaan dan peradaban negerinya.

Beberapa hari lagi, Presiden Turki Abdullah Gul berencana akan mengunjungi Prancis. Selain kunjungan kenegaraan, Gul juga berencana membuka pameran Turki di Prancis yang membawa tema besar ‘Panorama Istanbul Sepanjang Masa’. (L2/alm)