free hit counters
 

Mengapa Zuckerberg Tak Mau Menjual Facebook Senilai $ 1 Milliar?

Saad Saefullah – Rabu, 27 Jumadil Akhir 1431 H / 9 Juni 2010 14:10 WIB

David Kirkpatrick, seorang wartawan, baru-baru ini menerbitkan bukunya "The Facebook Efect." Dalam buku itu, yang diluncurkan hari ini, Kirkpatrick memberikan sebuah grafik yang menarik tentang Facebook. Berawal dari sebuah kamar asrama di Harvard pada tahun 2004, kini Facebook telah mempunyai pengguna hampir 500 juta yang aktif setiap harinya.

Kirkpatrick menilai Zuckerberg, bukan hanya sebagai seorang programmer, tapi juga seorang filsuf dan pengusaha, seseorang yang masih berusia 26 tahun yang secara konsisten menghindari untuk menjual assetnya, karena dia melihat Facebook sebagai cara untuk mengubah dunia. Kabarnya, ia pernah ditawari oleh Viacom, Microsoft sebesar $ 1 milliar agar mau menjual Facebook.

Ini merupakan persepsi yang bertentangan dengan bagaimana Zuckerberg biasanya digambarkan. Bahkan Zuckerberg pun dikabarkan menolak adanya iklan di Facebook.

Jelas dalam hal ini, Zuckerberg meniru Donald Graham, salah satu mentor bisnisnya. Dia juga menunjukkan bagaimana Zuckerberg mampu meniru salah satu mentor bisnisnya, Washington Post Donald Graham.

Baik Graham dan juga Zuckerberg sama-sama Yahudi. Zuckerberg memastikan kendali sepihak atas perusahaannya, dan ia mengunakan itu untuk terus mendorong dunia menjadi lebih terbuka.

"Saya tidak berpikir ada sebuah perusahaan dengan skala perusahaan seperti ini melihat dirinya sendiri dengan cara ini," kata Kirkpatrick.

"Tidak ada perusahaan yang dikontrol oleh satu individu. Tidak ada perusahaan skala yang dijalankan oleh anak muda berusia 26 tahun karena ia ingin mengubah dunia. Ada begitu banyak hal tentang Facebook yang aneh dan unik." tambah Kirkpatrick. (sa/time)

loading...

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus