Mengenal Dr. Raghib Al-Sirjani

Dr. Raghib Al-Sirjani lahir pada tahun 1964, di Provinsi Gharbiyyah, Mesir. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Kairo dengan predikat Summa Cumlaude tahun 1988. Kemudian meraih Master di Universitas yang sama tahun 1992.

Disertasi doktoral terkait Operasi Urologi dan Ginjal beliau tulis dibawah bimbingan gabungan antara kedokteran Mesir dan Amerika, dan menyelesaikannya dengan istimewa pada tahun 1998. Untuk Al-Quran, beliau menamatkan hafalannnya pada tahun 1991.

Penelitian beliau yang dalam dan menyeluruh terhadap sejarah keislaman di bangun atas sebuah proyek pemikiran, "Kaifa Nabni Ummah?" (Bagaimana Kita Membangun Umat?). Hal ini untuk mewujudkan beberapa tujuan: [1] Menyimpulkan faktor-faktor kebangkitan dan menerapkannya untuk membangun kembali umat Islam. [2] Membangkitkan harapan dalam jiwa setiap umat Islam, mendorong umat untuk menggali ilmu bermanfaat dan bergerak untuk mencapai tujuan. [3] Pemurnian sejarah Islam dan menonjolkan sisi peradabannya.

Selama lebih dari 20 tahun hingga saat ini, Dr. Raghib telah memberikan banyak kontribusi dalam membangun umat Islam, baik melalui dakwah, narasumber dalam berbagai seminar, penulis produktif berupa buku, makalah, dan analisa, dan tampil di beberapa chanel TV Arab terkemuka.

Pada tahun 2007, Pusat Kajian Internasional Mengenal Nabi Sang Penyayang memberikan pernghargaan kepada Dr. Raghib Al-Sirjani sebagai peraih juara pertama yang mempu memperkenalkan nabi sang penyayang secara baik melalui karya-karyanya, khususnya melalui buku berjudul Al-Rahmah fî Hayâti Al-Rasûl. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul "Inilah Rasul Sang Penyayang".

Dr. Raghib telah menulis banyak buku dan penelitian di bidang sejarah dan pemikiran keislaman, di antaranya:

  1. Sejarah Perang Salib
  2. Antara Sejarah dan Realita (3 jilid)
  3. Sejarah Ilmu Kedokteran dalam Peradaban Islam
  4. Palestina dan Kewajiban Umat Islam
  5. Ilmu dan Membangun Umat
  6. Sejarah Tatar dari Awal hingga Ain Jalut
  7. Anda dan Palestina
  8. Siapa yang Membeli Surga?
  9. Kita Bukan di Zaman Abrahah
  10. Misteri di Balik Shalat Subuh
  11. Bagaimana Anda Menghafal Al-Quran?
  12. Umat yang Tidak Akan Pernah Mati
  13. Jika Kalian Tidak Menolongnya?
  14. Spiritual Reading
  15. Pemuda Peka Zaman
  16. Palestina Tidak Akan Hilang…Bagaimana?
  17. Penyiksaan di Penjara Kebebasan
  18. Ramadan dan Membangun Umat
  19. Haji Tidak Hanya untuk Para Haji
  20. Boikot
  21. Buku Inilah Rasul Sang Penyayang

Dr. Raghib Al-Sirjani telah mempersembahkan ratusan kaset dan CD keislaman, di antara kumpulan kasetnya adalah:

  1. Andalusia, dari Pembebasan hingga Runtuh (12 Bagian)
  2. Palestina Hingga Tidak Menjadi Andalusia Kedua (12 Bagian)
  3. Abu Bakar Al-Shiddiq r.a.; Seorang Sahabat dan Khalifah (6 Bagian)
  4. Di Bawah Naungan Sejarah Nabi; Periode Makkah dan Madinah (46 Bagian)
  5. Sejarah Tatar; Sejak Awal Hingga Ain Jalut (12 Bagian)
  6. Jadilah Seorang Sahabat (12 Bagian)
  7. Bagaimana Menjadi Orang yang Berilmu? (10 Bagian)

Buku-buku beliau telah diterjemahkan dalam beberapa bahasa dunia. Untuk buku terjemahan berbahasa Indonesia, banyak diterbitkan oleh PT Aqwam Media Profetika, dengan lisensi langsung dari penulis. Di antara buku-buku yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia seperti, Kaifa Tuhâfiz ‘Alâ Shalâtil Fajr (Misteri di Balik Shalat Subuh), Qirâah Manhajul Hayâh (Spiritual Reading), Al-Rahmah fî Hayâti Al-Rasûl (Inilah Rasul Sang Penyayang), Risâlah ilâ Syabâbil Ummah (Pemuda Peka Zaman), dan lainnya.

Hingga saat ini kontribusi segar Dr. Raghib Al-Sirjani untuk dunia Islam masih bisa dinikmati oleh setiap umat Islam di seluruh dunia, khususnya melalui situs www.islamstory.com, TV Al-Risalah, dan TV Al-Quds. (Sn/MY)