Menhan AS: Perang di Afghanistan adalah Perang yang Sulit

Menteri pertahanan Amerika Robert Gates, mengatakan bahwa perang di Afghanistan adalah perang yang sulit. Namun untuk saat ini momentumnya telah bergeser ke arah yang menguntungkan bagi pasukan Amerika dan koalisinya, klaim gates.

Gates lewat siaran televisi hari Ahad kemarin (20/6) mengatakan bahwa usaha untuk mencapai kesuksesan di Afghanistan lebih lambat daripada yang diharapkan dan diperhitungkan, meskipun tercapai kemajuan dalam melawan Taliban di Afghanistan bagian selatan.

Gates juga mengklaim bahwa menurutnya peningkatan jumlah korban pasukan Amerika di Afghanistan, khususnya dalam musim panas ini, meskipun sudah diperkirakan, telah membuat banyak orang terlalu cepat mengatakan bahwa perang yang dilancarkan Amerika di sana sedang mengalami kemunduran.

Sementara itu di Afghanistan, dua ledakan yang terjadi hampir bersamaan di ibukota propinsi Helmand, Afghanistan selatan menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai sedikitnya 19 orang lainnya.

Jurubicara gubernur propinsi Helmand, Daud Ahmadi, mengatakan seorang anak perempuan dan sedikitnya satu lainnya tewas hari Ahad kemarin dalam ledakan pertama di kota Lashkar Gah. Ia mengatakan 14 orang terluka dalam ledakan itu.

Para pejabat mengatakan lima orang, termasuk seorang tentara Afghanistan, terluka dalam ledakan kedua di dekat sebuah sekolah.(fq/voa)