Menhan Denmark Mundur Karena Perang Irak dan Afghanistan

Menteri Pertahanan Denmark Soren Gade mengundurkan diri dari jabatannya, menurut sumber-sumber informasi yang bocor ke publik, penyebab pengunduran diri menteri pertahanan tersebut terkait dengan perkembangan pasukan Denmark di Irak dan Afghanistan.

Soren Gade mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Keputusan saya untuk mengundurkan diri sekarang ini terutama disebabkan oleh tekanan berat yang ada pada pribadi saya", merujuk pada penyelidikan mengenai bocornya informasi rahasia departemen pertahanan Denmark pada tahun 2007."

Seorang wartawan mengatakan bulan lalu bahwa ia memiliki bukti bahwa juru bicara Gade telah membocorkan informasi tentang pasukan khusus Denmark di Irak. Dan pihak Militer mengatakan, penyebaran dan pembocoran informasi semacam itu bisa membahayakan nyawa prajurit Denmark yang sedang bertugas di medan perang Irak.

Dalam kasus lain, komandan pasukan Denmark pada tahun lalu mencoba melarang sebuah buku yang ditulis oleh seorang prajurit dari pasukan khusus Denmark di Afghanistan, ia mengatakan bahwa buku itu akan menimbulkan ancaman serius bagi personil tentara Denmark. Namun buku itu sudah sempat beredar dan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Akibat beredarnya buku yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab tersebut, pada akhir oktober tahun lalu komandan pasukan Denmark di Afghanistan terpaksa harus mengundurkan diri. (fq/imo)