Menlu Saudi Bantah Putra Mahkota MBS Bertemu Netanyahu

Eramuslim.com -Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan membantah laporan media bahwa Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) mengadakan pertemuan dengan Benjamin Netanyahu di Kerajaan Saudi.

“Saya telah melihat laporan pers tentang pertemuan yang diklaim antara Yang Mulia Putra Mahkota dan pejabat Israel selama kunjungan baru-baru ini oleh @SecPompeo (Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo). Tidak ada pertemuan seperti itu yang terjadi. Satu-satunya pejabat yang hadir adalah orang Amerika dan Saudi,” tulis Faisal bin Farhan di Twitter pada Senin (23/11/2020).

Sebelumnya pada hari Senin, Army Radio Israel yang mengutip seorang anggota kabinet penjajah Israel melaporkan bahwa Benjamin Netanyahu telah melakukan perjalanan mendadak ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Saudi Press Agency/Handout/File Photo via REUTERS)

“Fakta bahwa pertemuan itu terjadi dan diumumkan ke publik, meskipun sekarang setengah resmi, adalah masalah yang sangat penting,” kata Yoav Galant, anggota kabinet keamanan Netanyahu dan polisi Partai Likud, kepada Army Radio Zionis-Israel.

The Wall Street Journal, mengutip salah satu penasihat senior Arab Saudi, melaporkan para pemimpin membahas beberapa masalah, termasuk normalisasi hubungan dan masalah Iran. Namun, tidak ada kesepakatan substansial yang dicapai. Pejabat itu mengatakan pertemuan berlangsung beberapa jam.

Laporan media Zionis-Israel berbahasa Ibrani, mengutip pejabat Zionis yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa Netanyahu ditemani oleh Kepala Mossad Yossi Cohen. Kantor perdana menteri penjajah Israel sejauh ini menolak berkomentar tentang masalah tersebut.