Menlu Turki: Kami Tidak Percaya Komite Penyelidikan Israel

Ahmet Davutoglu, menteri luar negeri Turki, mengatakan dalam konferensi pers di Ankara pada hari Senin kemarin (14/6) bahwa negaranya tidak percaya kepada komite penyelidikan internal Israel atas pembantaian terhadap armada Kebebasan yang terjadi beberapa pekan yang lalu.

Davutoglu mengatakan bahwa Ankara meyakini bahwa zionis Israel yang meluncurkan serangan terhadap sebuah konvoi sipil di perairan internasional, akan melakukan investigasi dengan netral.

Setiap investigasi yang diluncurkan secara sepihak oleh Israel tidak akan ada nilai apa pun, menlu Turki ini menambahkan bahwa Ankara akan bersikukuh bahwa PBB harus mengawasi langsung setiap komite penyelidikan dengan adanya partisipasi Turki dan Israel.

Turki berhak untuk mempertimbangkan kembali hubungan dengan Israel dan menerapkan sanksi sepihak dalam hal mengulangi tuntutan mereka untuk adanya sebuah komite investigasi internasional yang diabaikan oleh Israel.

Ankara tak sabar menunggu masyarakat dunia untuk menerapkan prosedur objektif dalam masalah ini, kata Davutoglu dan menambahkan bahwa partisipasi dari dua orang asing dalam komite Israel tidak akan menjadi jaminan kenetralan Israel dalam melakukan penyelidikan terhadap kasus Mavi Marmara.(fq/pic)