Mesir Lobi 100 Negara Non-Blok untuk Dukung Pengakuan Palestina di PBB

Mesir melobi lebih dari 100 anggota Gerakan Non-Blok pada Selasa kemarin (6/9) untuk mendukung pengakuan negara Palestina di PBB bulan ini, dan mengatakan mereka yakin mayoritas anggota gerakan non-blok akan melakukannya setelah pertemuan dua hari kelompok itu di Serbia.

Sebuah pertemuan dua hari dari Gerakan Non-Blok di Beograd, menandai peringatan 50 tahun berdirinya selama Perang Dingin, berakhir tanpa adopsi deklarasi resmi.

Namun utusan Mesir, Menteri Luar Negeri Muhammad Amr, mengatakan dalam sambutannya bahwa anggotanya akan "terus mendukung upaya Palestina selama sesi ke-66 pertemuan Majelis Umum PBB untuk pengakuan Negara Palestina berdasarkan perbatasan 4 Juni 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya dan untuk mencari cara Palestina masuk sebagai anggota penuh di PBB."

Penyelenggara konferensi gerakan non-blok mengatakan pernyataan itu tidak atas nama beberapa anggota penuh dan 101 negara pengamat yang hadir. Namum Amr kemudian mengatakan kepada sebuah konferensi pers: "Tidak akan ada resolusi yang resmi datang dari pertemuan ini, tapi ada perasaan yang mendalam bahwa mayoritas negara-negara non-blok akan mendukung resolusi di PBB."(fq/ynet)