Militer AS Klaim Tewaskan Taliban yang Menembak Jatuh Helikopter Chinook

Pasukan internasional di bawah pimpinan AS mengklaim telah menewaskan Taliban yang bertanggung jawab menembak jatuh sebuah helikopter AS dan menewaskan 38 pasukan AS dan Afghanistan selama akhir pekan lalu, komandan tinggi Amerika di Afghanistan mengatakan Rabu kemarin (10/8).

Jenderal John Allen mengatakan pada konferensi pers di Pentagon mengatakan bahwa serangan udara F-16 Senin lalu telah menewaskan sedikitnya 10 gerilyawan yang terlibat dalam serangan terhadap helikopter Chinook.

Dalam pernyataan terpisah Rabu kemarin, militer AS mengatakan serangan Senin lalu berhasil menewaskan pemimpin Taliban Mullah Mohibullah dan gerilyawan yang menembakkan RPG terhadap helikopter Chinook. Pihak militer mengatakan, intelijen memperoleh informasi bahwa pemberontak yang menembakkan RPG telah tewas. Namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Allen sendiri membela keputusannya untuk mengirim di Chinook yang sarat dengan pasukan operasi khusus untuk mengejar pejuang Taliban yang melarikan diri dari pertempuran akhir pekan lalu dengan pasukan Rangers di daerah berbahaya Wardak provinsi Afghanistan timur.(fq/ap)