Mubarak Seumur Hidup?

Sepertinya Hosni Mubarak bisa jadi masih akan jadi presiden Mesir berikutnya lagi. Enam tahun presidensial Mubarak tampaknya hanya tinggal sebuah fait accompli belaka.

Jika itu terjadi, sekali lagi, ini adalah sesuatu yang ganjil. Sangat tidak biasa sebuah negara begitu tergantung pada satu figur pemimpin saja. AS, misalnya, mungkin begitu mengandalkan Franklin Roosevelt, namun Roosevelt tidak bertahan selama Mubarak. Yang terjadi di Mesir adalah sesuatu yang melebihi porsi seharusnya.

Rakyat Mesir, anehnya, ikut berada di belakang ini semua. Mereka memasang banyak slogan dan spanduk yang berisi kalimat seperti “Ya untuk Mubarak, presiden seumur hidup,” dan “Tuhan memberi Mesir dengan tiga karunia besar: piramida, sungai nil, dan Mubarak.”

Betul, Mubarak memang telah memutar haluan ekonomi Mesir ke arah yang lebih baik, namun kenyataan bahwa tujuh puluh juta Muslim yang hidup di negara itu masih memberikan jalan pada Mubarak adalah sesuatu yang memalukan. Kemana sejarah bahwa Mubarak, dari sejak memerintah hingga kini, sudah mendera ribuan tokoh pergerakan Islam ke dalam penjara?

Mubarak hidup di masa yang strategis dari sejarah Mesir, memang. Dia mungkin tidak pernah merasakan popularitas berlebihan, tapi dia sudah hampir tiga dekade berada dalam dekapan Mesir yang nyaman. Mubarak pun terkenal represif, dan bisa jadi spanduk dan slogan yang sekarang banyak beredar merupakan lebih dari bentuk ketakutan masyarakat Mesir dibandingkan sebuah penghargaan.

Jika bukan, jika bukan Mubarak yang tengah menseting Mesir seperti itu, artinya murni kesadaran rakyat Mesir, maka rakyat Mesir tengah menjerumuskan diri sendiri pada lubang hitam yang besar. Jika benar begitu, kondisi ini sama persis dengan kondisi Mesir enam tahun yang lalu, ketika sebagian kecil rakyat Mesir lainnya hanya bisa memandangi jarum jam berdetik dan menunggu sebuah hari perubahan namun tak pernah terjadi.

Itu artinya, Mubarak akan terus melanjutkan supresinya terhadap satu-satunya oposisi yang mengancam posisinya: entitas politik Islam yang sesungguhnya. Namun, entah itu terjadi kapan. (sa/wknngslm)