Mufti Rusia Minta TV-TV Kurangi Berita Terorisme

Kepala mufti Rusia Talgat Tadzhuddin meminta tv-tv di Rusia tidak terlalu banyak menyiarkan berita tentang terorisme dan ekstrimisme. Hal itu disampaikannya setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Begitu sebuah ledakan terjadi di suatu tempat, peristiwa itu dibahas setiap jam selama hampir dua hari," kritik Tadzhuddin.

Ia menyarankan media massa untuk lebih memberikan perhatian pada "gaya hidup orang orang Rusia, tradisi dan keyakinan mereka."

Agama Islam berkembang pesat di Rusia. Sejumlah analis mempekirakan bahwa Muslim akan mendominasi Rusia pada tahun 2050, karena tingkat kelahiran yang tinggi di kalangan komunitas Muslim di negeri itu.

Kepala mufti Rusia Talgat Tadzhuddin banyak mengusulkan ide untuk kemajuan kaum Muslimin di negeri berideologi komunis itu. Bulan April kemarin, ia mengusulkan agar dalam lambang negara Rusia ditambah gambar bulan sabit, yang menjadi ciri komunitas Muslim.

Sebelumnya, pada bulan Februari, ia mengusulkan apa yang disebutnya sebagai "pajak spiritualitas", yang intinya pengumpulan dana untuk membiayai pembangunan masjid-masjid baru dan katedral di Rusia. Pajak dikumpulkan dari seluruh warga di Bashkiria apapun agamanya. (kw/rianovosti)