Mujahidin Al-Jazair Dukung Pejuang Mali : Perlawanan Meluas, Culik Warga Asing

“Pejuang Bersenjata  telah menculik sekelompok pekerja asing setelah membunuh sedikitnya dua orang dalam serangan di dekat lapangan gas selatan Aljazair, tampaknya sebagai pembalasan terhadap intervensi Prancis di Mali,” kata para pejabat.

Seorang juru bicara untuk “Brigade Masked”, mengaku menguasai sandera, mengatakan operasi di hari rabu kemarin di dekat lapangan Amenas adalah untuk menghukum Aljazair karena mengizinkan untuk memungkinkan jet Prancis untuk menggunakan wilayah udaranya untuk menyerang kelompok mujahidin di Mali.

“Empat puluh satu orang warga negara barat termasuk tujuh orang Amerika, Perancis, warga Inggris dan Jepang telah disandera,” kata juru bicara kantor berita ANI Mauritania.

“Operasi itu dalam menanggapi izin  terang-terangan oleh Aljazair dan pembukaan ruang udara untuk pesawat Prancis untuk mengebom Mali utara.”

ANI mengatakan pejuang menuntut diakhirinya operasi militer Perancis sebagai imbalan untuk keselamatan para sandera.

Dalam lapangan gas Amenas secara bersama-sama dioperasikan oleh minyak raksasa Inggris BP, Norwegia Statoil dan Sonatrach Aljazair.

Kementerian Dalam Negeri Al Jazair mengatakan: “Sebuah kelompok teroris, bersenjata lengkap dan menggunakan tiga kendaraan, meluncurkan serangan Rabu ini pukul 5 pagi terhadap basis Sonatrach di Tigantourine, dekat In Amenas, sekitar 100 km dari perbatasan Aljazair dan Libya.” (Dz/Alj)