Muslim di Tennessee Dirikan Sekolah Islam Unggulan

Sebagai seorang imigran, Muhammad Ali berharap anak perempuannya akan mengingat asal usul keluarganya.

Oleh sebab itu setiap pagi ia mengendarai mobilnya selama 45 menit dari Murfreesboro ke Bellevue, supaya anaknya dapat hadir di Nashville International Academy. Disana, dia bersama anak-anak sebaya nya belajar dan bermain serta juga mempelajari bahasa Arab.

"Saya ingin dia tahu bahasa asli saya," kata Ali yang merupakan penduduk asli Mesir. "Saya ingin dia tahu agama saya."

Anak perempuan Ali adalah salah seorang anak dari 84 siswa di sekolah Taman Kanak-kanak Nashville International Academy, bangunan baru yang sedang dibangun di dedikasikan pada Charlotte Pike. Pejabat sekolah berharap gedung baru senilai 1,25 juta dollar tersebut akan menambah besar dua kali lipat ruangannya.

"Kami sangat berambisi," kata Amiri Yasin Al-Hadid mantan profesor di Tennessee State University yang menjabat sebagai kepala sekolah. "Kami ingin menawarkan pendidikan berkelas dunia."

Al-Hadid berharap sekolah tersebut dapat menjadi penghubung komunitas Muslim di Bellevue. Ada sekitar 1500 muslim yang tinggal di wilayah itu, dan jumlahnya akan semakin bertambah, kata Al-Hadid.

"Masjid nantinya akan menjadi semacam batu loncatan, ujar Al-Hadid. "Kami harus memajukan sekolah ini pada saat yang bersamaan, agar generasi berikutnya akan menjadi orang yang akan memakmurkan masjid. Anda tidak bisa memakmurkan masjid atau gereja dengan masyarakat lanjut usia."

Seperti banyak sekolah agama swasta yang lain, Nashville academy yang didirikan pada tahun 1996 memiliki dua tujuan utama.

Yang pertama adalah untuk menanamkan keimanan pada diri mereka. Termasuk di dalamnya belajar bahasa Arab dan dasar-dasar Islam, serta mengembangkan nilai-nilai keislaman yang kuat.

"Kita harus memberikan anak-anak kita sebuah panduan moral," kata Al-Hadid.

Yang kedua adalah untuk mempersiapkan mereka untuk menjadi orang yang sukses. Beriringan dengan mereka belajar agama Islam, siswa diharapkan untuk bisa membaca, menulis, berhitung, dan ilmu pengatahuan sosial. Dari mulai TK, guru-guru telah menekankan pentingnya pendidikan.(fq/tennessean)