Muslim Portland AS Kumpulkan Donasi 800.000 Dolar Untuk Korban Pembela Muslimah

Eramuslim.com – Komunitas Muslim Portland telah menggalang dana sebesar 800 ribu dolar untuk disumbangkan kepada korban penusukan brutal di kereta yang terjadi di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS), pada Jumat (26/5) lalu.

Korban tewas dalam insiden tersebut adalah Taliesin Myrddin Namkai Meche dan Ricky John Best. Sedangkan korban luka adalah Micah David-Cole Fletcher. Ketiganya ditikam oleh lelaki bernama Jeremy Joseph Christian setelah berupaya membela seorang remaja Muslimah yang diintimidasi dengan sikap dan ujaran anti-Islam.

Menanggapi kejadian tersebut, komunitas Islam Portland yang menamakan dirinya Muslim Unite for Portland Heroes menggelar aksi penggalangan dana untuk para korban. Hingga Senin, mereka telah menghimpun dana sekitar 326 ribu dolar.

Aksi serupa digelar oleh Tri Met Hero Recovery yang telah mengumpulkan dana sekitar 133 ribu dolar. Mereka juga menerima aliran dana sebesar 365 ribu dolar. Remaja yang menjadi korban intimidasi Christian pun menggalang dana dan berhasil menghimpun sekitar 13 ribu dolar.

Imam dari Muslim Community Centre di Portland, Muhammad Najieb, mengaku, sangat terkesan dengan aksi yang digelar komunitas Muslim untuk menolong dan membantu korban penusukan pembela remaja Muslimah. “Saya sangat bersyukur sebagai seorang Muslim, saya sangat bersyukur sebagai warga Portland, bahwa kita berdiri bersama di sini sebagai satu kesatuan,” ujar Najieb seperti dilaporkan laman Aljazirah.

Pada Jumat lalu, di sebuah gerbong kereta, Christian mengintimidasi dua orang remaja, satu di antaranya adalah Muslimah dan mengenakan hijab, dengan sikap anti-Islam. Ia berteriak kepada remaja Muslimah tersebut bahwa semua umat Islam harus mati.

Melihat kejadian tersebut, Namkai Meche, John Best, dan Cole Fletcher mencoba membela remaja Muslimah tersebut. Mereka mengatakan kepada Christian bahwa perkataan dan sikapnya tersebut sangat tidak patut dilakukan kepada seorang gadis remaja.

Namun ketiganya justru ditikam secara brutal oleh Christian dengan sebuah pisau. Namkai Meche dan John Best seketika tewas. Sedangkan Cole Fletcher harus dirawat di rumah sakit. Christian akhirnya ditangkap kepolisian Portland sesaat setelah dia turun dari kereta.(jk/rol)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm