Muslim Rusia Terbesar di Eropa, Jumlahnya Capai 25 Juta Warga

Eramuslim.com – Penduduk muslim di Rusia terus meningkat setiap tahun. Saat ini, jumlah muslim di Rusia diestimasikan mencapai lebih dari 25 juta orang atau sekitar 18 persen dari total penduduk Rusia yang menginjak angka 144,5 juta jiwa pada 2017.

Angka tersebut jauh melampaui negara-negara nonmuslim Eropa lainnya. Berdasarkan Institut Nasional untuk Pengkajian Demografi Prancis, jumlah muslim di Prancis sekitar 8,5 juta orang pada 2017.

Adapun di Inggris diperkirakan mencapai 3,4 juta orang.

Wakil Kepala Aparatur Dewan Mufti Rusia, Renat Abyanov, mengatakan kenaikkan ini tidak terlepas dari angka kelahiran keluarga muslim yang cukup tinggi. Selain itu, warga muslim tidak meminum alkohol yang sering menjadi penyebab kecelakaan mematikan di Rusia.

“Angka perceraian di antara keluarga muslim juga sangat kecil,” ujar Abyanov.

“Jumlah umat muslim kian banyak karena para imigran dari negara pecahan Uni Soviet yang berpenduduk muslim juga berdatangan ke sini,” tambahnya.

Mayoritas muslim di Rusia merupakan warga asli, bukan imigran dari Asia atau Afrika. Sejak 2000, animo warga Rusia untuk mengetahui Islam cukup tinggi dan terus meningkat.