Muslim Turki Inginkan Haga Sophia Kembali Menjadi Masjid

Hagia-Sophia-prayersEramuslim.com – Ribuan Muslim  Turki melakukan sholat di situs bersejarah  Hagia Sophia pada ulang tahun ke 562  penaklukan Istanbul Turki, mereka menuntut situs tersebut untuk diubah kembali menjadi masjid.

Ribuan Muslim dan Muslimah  dari warga Turki itu  berkumpul di Museum Hagia Sophia pada 31 Mei 2015 sebagai bagian dari sebuah acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemuda Anatolia (AGD) dengan motto “Hancurkan  rantai, Buka Hagia Sophia,” dan mereka melakukan sholat Dhuha sebagai simbol untuk menuntut perubahan status museum menjadi masjid.

Awalnya situs ini dirancang sebagai gereja basilika Kristen pada abad keenam oleh Anthemios dari Tralles dan Isidorus dari Miletus, kini Hagia Sophia  menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

Hagia Sophia  menjadi pusat Kristen Ortodoks hingga tahun 1453, kemudian kota itu ditaklukkan oleh Ottoman Turki di bawah Sultan Mehmed II, yang dikenal sebagai Muhammad Al Fatih . Setelah itu beliau  memerintahkan Hagia Sophia menjadi “Masjid kemenangan,” melambangkan penaklukan Istambul oleh Muslim. (JL/KH)