Negara Arab Desak DK PBB untuk Bersuara "Ya" pada Tawaran Negara Palestina

Sebuah delegasi menteri luar negeri Arab akan mendesak anggota tetap Dewan Keamanan PBB pekan depan untuk memilih keanggotaan Palestina di PBB, seorang pejabat tinggi Palestina mengatakan Kamis kemarin (11/8).

Negosiator Saeb Erakat kepada AFP mengatakan delegasi menlu Arab akan berbicara dengan perwakilan pemilik hak veto Inggris, Cina, Prancis, Rusia dan Amerika Serikat dalam upaya untuk membujuk mereka mendukung permintaan Palestina untuk keanggotaan di PBB.

"Sebuah delegasi menteri luar negeri Arab, dipimpin oleh menteri luar negeri Qatar akan mengunjungi lima anggota tetap DKPBB pada akhir pekan depan untuk membujuk mereka untuk memilih pengakuan PBB dan keanggotaan negara Palestina," kata Erakat kepada AFP.

Palestina telah mengatakan mereka berencana untuk mendekati Dewan Keamanan PBB pada bulan September untuk mendapatkan pengakuan keanggotaan bagi negara Palestina sebelum Perang Enam Hari 1967, yang mencakup Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem timur.

Tetapi Washington mengatakan akan menentang tawaran itu dan Inggris serta Perancis bereaksi secara hati-hati, menunjukkan mereka akan lebih memilih Palestina untuk kembali ke pembicaraan damai daripada mengejar keanggotaan PBB.

Erakat mengatakan Palestina tetap berkomitmen untuk jalur PBB, meskipun adanya oposisi, menekankan posisi telah berubah setelah Israel mengumumkan persetujuan akhir pada Kamis pagi kemarin untuk 1.600 pemukiman baru di Yerusalem timur.(fq/afp)