Netanyahu Dongkol, Sebut Pelaku Pembakaran Teroris

Eramuslim.com – Kebakaran hebat yang melanda wilayah Palestina tengah dan utara yang diduduki penjajah Zionis-Israel, memaksa puluhan ribu warga penjajah mengungsi dari Kota Haifa. Perdana Menteri Zionis-Israel Benjamin Netanyahu menyebut pelaku pembakaran sebagai ‘teroris.’

“Setiap pembakaran yang dilakukan pelaku adalah tindak terorisme. Siapapun yang melakukannya akan dihukum seberat-beratnya,” ujar Netanyahu, dihadapan sejumlah wartawan yang berkumpul di Haifa, Kamis (24/11).

Laporan televisi menunjukkan si jago merah mengamuk di Haifa yang merupakan kota terbesar ketiga bangsa Palestina yang diduduki Zionis-Israel. Petugas pemadam kebakaran menyirami stasiun pengisian bahan bakar dengan air ketika kobaran api mulai mendekat.

A fir burns in Haifa, Israel, Thursday, Nov. 24, 2016. Israeli police have arrested four Palestinians in connection with one of several large fires that damaged homes and prompted the evacuation of thousands of people in the past few days. Police are investigating the causes, including possible arson. Windy and hot weather have helped fan the flames. The blazes started three days ago near Jerusalem and in the north. Hundreds of homes were damaged. Russia, Italy and other countries are assisting the Israeli firefighters. (AP Photo/Ariel Schalit)

Api telah terlihat di beberapa lokasi sejak tiga hari lalu. Cuaca yang kering dan hembusan angin timur yang kuat membuat kebakaran merembet ke wilayah lain. Menteri Keamanan Internal Zionis-Israel Gilad Erdan mengaku ada beberapa orang yang telah ditangkap sebagai terduga pelaku kebakaran. Ia menolak memberikan rincian lebih lanjut,

Sementara itu, di jejaring sosial Twitter, warganet dari negara-negara Arab dan Palestina merayakan kebakaran tersebut dengan tanda pagar #Israelisburning.

Kebakaran menghanguskan hutan-hutan di barat Yerusalem dan di beberapa wilayah di Tepi Barat. Pemerintah Zionis- Israel segera meminta bantuan negara tetangga untuk memadamkan api. Yunani, Ciprus, Kroasia, Turki, dan Rusia telah menawarkan bantuan dengan menyiagakan pesawat. Netanyahu meminta bantuan pesawat pemadam api “Super Tanker” kepada Amerika Serikat.(kl/rol)