Novel Muslim Masuk Daftar Penghargaan Sastra Australia

Eramuslim.com – Buku yang ditulis oleh guru Muslim di Sydney telah masuk nominasi salah satu penghargaan sastra paling bergengsi di Australia. Rawah Arja mengatakan ia menulis untuk anak laki-laki dan perempuan agar mereka merasa berharga dan penting.

“Meskipun mereka berpikir orang-orang tidak peduli dengan mereka, ada seseorang yang selalu mengawasi mereka. Saya ingin memberi mereka ruang untuk mengatakan bahwa Muslim Arab tidak selalu orang jahat,” kata Arja.

Guru Muslim-Lebanon ini lahir dan besar di Punchbowl, barat daya Sydney. Dia menghabiskan sepuluh tahun di ruang kelas di Sydney Barat mencoba mendorong siswa untuk mengambil buku dan membaca, sebuah upaya yang tidak selalu berhasil.

Tumbuh di Sydney, Arja memiliki perasaan yang sama dengan para siswa yang dia ajar ketika dia seusia mereka karena tidak ada buku yang bisa dipahami. “Saya selalu berpikir sastra hanya untuk orang kulit putih. Saya tidak bisa menjadi bagian darinya. Saya selalu berpikir membaca itu membosankan, tetapi bukan itu. Hanya saja saya tidak dapat menemukan buku untuk saya,” ujar dia.

Dilansir About Islam, Senin (22/11), novel debutnya, The F Team, kini telah terpilih untuk berbagai penghargaan sastra bergengsi Australia, termasuk Penghargaan Sastra Perdana Menteri 2021 yang diumumkan bulan lalu dalam kategori sastra dewasa muda. Pemenang Penghargaan Sastra Perdana Menteri akan diumumkan pada bulan Desember.