Obama : Al Libi adalah Pihak Yang Bertanggung Jawab atas Tewasnya Ratusan Warga AS

obamaPresiden AS Barack Obama mengatakan pada hari Selasa bahwa Abu Anas al – Libi yang ditangkap awal pekan ini berada di belakang serangan  yang menewaskan ratusan dan akan dibawa ke pengadilan .

Al – Libi ” membantu merencanakan dan melaksanakan serangan  yang menewaskan ratusan orang , korban banyak orang Amerika . Kami punya bukti kuat itu . Dan dia akan dibawa ke pengadilan , ” kata Obama kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers .

Al Libi  ditangkap di Tripoli pada hari Sabtu dan kemudian dibawa ke sebuah kapal Angkatan Laut di Laut Mediterania .

Al Libi  adalah tertuduh  dalam pemboman pada tahun 1998 , peledakan  kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania yang menewaskan 224 orang  dan menjadi orang yang  paling dicari FBI dengan hadiah $ 5 juta.

Libya telah mengutuk penangkapan al- Libi dan menuntut pada hari Selasa bahwa Amerika Serikat menyerahkan dia kembali , dan menggambarkan operasi AS sebagai ” pelanggaran yang nyata atas  kedaulatan nasional Libya, ” lapor AFP .

Pemerintah juga telah memanggil Duta Besar AS Deborah Jones untuk meminta penjelasan atas penangkapan Al Libi.

Obama , yang berbicara di Gedung Putih di tengah-tengah shutdownnya operasional  pemerintahnya, juga mengatakan Amerika Serikat akan terus mencari aktifis kelompok al- Qaeda di Afrika . Tapi ini tidak sama dengan pergi  perang , katanya .

“Di mana Anda punya rencana serangan aktif dan jaringan aktif , kita akan pergi mencari  mereka , ” kata Obama , menurut Reuters . (Arby/Dz)