Obama dan Rowhani Saling Memuji, Memuluskan Poros AS dan Iran

obama rowhaniPresiden Iran Hassan Rowhani memuji cara pendekatan Presiden Barack Obama yang sangat  konstruktif dan Rowhani bersumpah bahwa negaranya tidak akan mengembangkan senjata nuklir .

Presiden Obama telah mengirim surat kepada Presiden Rowhani mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangan presiden.

” Dari sudut pandang saya , nada surat itu bernada positif dan konstruktif , ” kata Rowhani dalam sebuah wawancara dengan NBC menjelang Sidang Umum PBB .

” Ini bisa menjadi langkah mulus untuk masa depan yang sangat penting . Saya percaya para pemimpin di semua negara bisa berpikir dalam kepentingan nasional mereka dan mereka seharusnya tidak berada di bawah pengaruh kelompok penekan . Saya berharap semua pihak dapat  menyaksikan suasana seperti ini di masa mendatang , ” kata Rowhani .

Pernyataan Rowhani datang sehari setelah Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mendesak fleksibel bila berurusan dengan Barat , dan mengatakan bahwa ‘ keluwesan Perjuangan ‘ kadang-kadang harus dikejar .

” Kadang-kadang pegulat menunjukkan fleksibilitas untuk alasan teknis , tapi dia tidak lupa siapa lawannya dan apa tujuan sebenarnya, ” ujar Khamenei seperti dikutip oleh kantor berita ISNA , ia mengatakan pada  pertemuan dengan para komandan Garda Revolusi .

” Ada kesempatan  untuk diplomasi , ” kata Obama dalam sebuah wawancara dengan televisi Telemundo yang berbahasa Spanyol , menurut AFP .

” Saya berharap Iran mengambil keuntungan dari itu . Ada indikasi bahwa Rowhani , presiden baru , adalah seseorang yang ingin membuka dialog dengan Barat dan dengan Amerika Serikat – dengan cara yang kita belum melihat di masa lalu ,” Ujar Obama. (Arby/Dz)