Obama Dapatkan Rating Persetujuan Terendah Selama Berkuasa

Peringkat persetujuan terhadap Presiden AS Barack Obama turun di bawah 40 persen untuk pertama kalinya selama lebih dari masa tiga tahun kepresidenannya, sebuah jajak pendapat terbaru mengatakan.

Jajak pendapat harian Gallup menunjukkan pada hari Minggu kemarin (14/8) bahwa hanya 39 persen responden menyetujui kinerja Obama di Gedung Putih.

Menurut survei, 54 persen dari mereka memilih menyetujui kinerja Obama.

Angka-angka baru ini merupakan terburuk untuk presiden AS, yang memenangkan pemilu presiden 2008 dengan rating persetujuan yang sangat tinggi.

Obama yang berencana untuk maju kembali pada 2012 berada dalam bahaya karena tidak ada pesan yang kuat tentang apa yang dia akan lakukan untuk mengangkat negara itu keluar dari krisis ekonomi dan kebuntuan politik.

Jajak pendapat itu datang pada malam perjalanan bus Obama yang akan membawanya ke Minnesota, Iowa dan Illinois dalam beberapa hari mendatang.

Jajak pendapat yang berlangsung selama tiga hari dilakukan dari 11-13 Agustus. Margin error adalah plus atau minus dengan persentase 3 poin.

Gallup mengatakan hasil yang mereka dapat didasarkan pada wawancara telepon dengan sekitar 1.500 warga dewasa AS secara nasional. (fq/prtv)