Obama: "Keadilan Telah Ditegakkan, Usamah bin Ladin Berhasil Ditewaskan"

Pemimpin Al Qaidah Usamah bin Ladin tewas hari Minggu (1/5) dalam sebuah pertempuran dengan pasukan AS di Pakistan dan tubuhnya masih utuh, Presiden Barack Obama mengumumkan hari Minggu waktu AS.

"Keadilan telah dilakukan," kata Obama dalam pidatonya, dalam sebuah pidato dramatis larut malam dari gedung Putih untuk mengumumkan kematian orang yang dituduh sebagai dalang serangan 11 September 2001, serangan di New York dan Washington.

Obama mengatakan pasukan AS memimpin operasi yang menewaskan Usamah bin Ladin. Tidak ada warga Amerika tewas dalam operasi tersebut dan mereka berhasil untuk menghindari adanya korban sipil, kata Obama dalam pidatonya.

"Malam ini, saya dapat melaporkan kepada rakyat Amerika dan kepada dunia bahwa Amerika Serikat telah melakukan operasi yang menewaskan Usama bin Ladin, pemimpin Al-Qaidah, dan seorang teroris yang bertanggung jawab atas pembunuhan ribuan orang laki-laki, perempuan dan anak-anak, " kata Obama dalam pidato larut malam dari Gedung Putih.

Kalau benar pernyataan Obama ini, maka ini merupakan prestasi besar bagi Obama dan tim keamanan nasionalnya, setelah banyak warga Amerika yang hampir putus harapan dalam operasi AS menemukan bin Ladin. (fq/reu)