Abdelati Obeidi Ditunjuk Jadi Menlu Libya yang Baru

Libya telah menunjuk Abdelati Obeidi sebagai menteri luar negeri baru negara itu di tengah meningkatnya upaya diplomatik yang dilakukan oleh Muammar Gaddafi untuk menemukan solusi bagi krisis di negaranya.

Obeidi, seorang mantan wakil menteri luar negeri untuk urusan Eropa, akan menggantikan Moussa Koussa yang membelot ke Inggris pada tanggal 30 Maret lalu, Reuters melaporkan pada hari Selasa kemarin (5/4).

Obeidi juga menjabat sebagai duta besar untuk Turki dan Italia dan terlibat dalam pembicaraan normalisasi hubungan Libya dengan Barat.

Dia baru-baru ini dikirim ke Yunani, Turki dan Malta untuk bernegosiasi tentang rencana gencatan senjata dan solusi politik untuk kebuntuan di negara ini. Dia dilaporkan telah mengungkapkan rencana untuk mengganti Gaddafi dengan salah seorang putranya dan melaksanakan beberapa reformasi politik dan gencatan senjata.

Ide tersebut telah mendapat banyak kritik di Libya pada saat pasukan revolusioner menegaskan bahwa mereka tidak akan memulai pembicaraan kecuali Gaddafi meninggalkan jabatannya.

Pada saat serangan udara pimpinan Amerika mereda, pasukan revolusioner mengecam NATO karena gagal untuk mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi warga sipil, mengatakan aliansi militer NATO sendiri telah berubah menjadi masalah bagi Libya.(fq/prtv)