Pakistan Kutuk India Yang Bangun Kuil di Atas Masjid Babri

Pernyataan tersebut juga menggarisbawahi tindakan penggerebekan atau main hakim sendiri yang sering dilakukan oleh penjaga sapi dan skema jahat seperti ‘ghar wapsi’, ‘cinta jihad’ dan ‘corona jihad’ adalah bagian dari pola pikir ini.

India telah berubah menjadi “Hindu Rashtra”. Sebagaimana dibuktikan oleh agenda “Hindutva” sayap kanan yang tampaknya telah meresapi institusi-institusi negara juga.

Pakistan disebut telah menyadarkan masyarakat dunia, jika India saat ini di bawah pengaruh RSS-BJP dan didorong oleh campuran dari ideologi ekstremis dan ambisi hegemonik. Hasilnya adalah ancaman yang semakin meningkat terhadap keselamatan dan kesejahteraan minoritas di India serta perdamaian dan keamanan di wilayah ini serta di luar.

 

“Gelombang pasang fanatisme agama di India didokumentasikan dengan baik oleh organisasi-organisasi hak asasi manusia internasional. Hal ini secara teratur disoroti oleh media internasional, dan diangkat di sejumlah Parlemen dunia,” ujar tulisan pernyataan itu.

Menurut Kementerian  Luar Negeri Pakistan, negara ini telah menyerukan kepada masyarakat internasional meminta India bertanggung jawab atas pelanggaran terus-menerus terhadap hak asasi minoritas. Mereka juga mendesak pemerintah India mengambil langkah segera memastikan hak-hak semua minoritas dilindungi sepenuhnya dan dipromosikan sesuai kewajiban India berdasarkan instrumen internasional.

Sebelumnya, Perdana Menteri Imran Khan juga mengecam pemerintah Modi Supremasi Hindutva. Ia mengatakan hal tersebut menjadi ancaman bagi tetangga India.

Dalam sebuah cicitan yang diunggah oleh PM Imran, Rabu (27/5) kemarin, ia mengutip perihal sengketa perbatasan India dengan Cina dan Nepal, serta dampak negatif dari Undang-Undang Kewarganegaraan (Amandemen) pemerintah Modi terhadap Bangladesh.

“Pemerintah Supremasi Hindutva, Modi Govt dengan kebijakan ekspansionisnya yang arogan, mirip dengan Lebensraum (Ruang Angkasa) Nazi, menjadi ancaman bagi tetangga-tetangga India. Bangladesh melalui Citizenship Act, perselisihan perbatasan dengan Nepal dan Cina, dan Pakistan mengancam dengan operasi bendera palsu,” tulisnya di Twitter.

Dalam unggahan selanjutnya, ia menulis, “Semua ini terjadi setelah aneksasi ilegal Jammu dan Kashmir yang menduduki India, kejahatan perang berdasarkan Konvensi Jenewa ke-4, dan mengajukan klaim kepada Azad Jammu dan Kashmir”.

Perdana menteri mengatakan India adalah ancaman bagi minoritasnya dengan menurunkan mereka ke status warga negara kelas dua dan bagi perdamaian regional juga. (rol)