Para Pemimpin Dunia Tuntut Serbia Bertanggung Jawab atas Pembantaian Muslim Bosnia pada 1995

Eramuslim.com – Sejumlah pemimpin dunia, pada Sabtu (11/7), menuntut agar para pemimpin Serbia menerima sepenuhnya tanggung jawab atas pembantaian pada 1995. Pembantaian tahun 1995 merupakan bagian dari genosida terhadap Muslim selama Perang Bosnia.

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, dan Perdana Menteri Inggris, Belanda, dan Spanyol, termasuk di antara beberapa tokoh internasional yang mengirim pesan video ke acara peringatan 25 tahun insiden Srebrenica. “Rekonsiliasi berarti menolak pembantahan atas genosida dan kejahatan perang dan segala upaya untuk memuliakan penjahat perang yang dihukum,” kata Guterres dalam pidatonya di video tersebut.

Efef Džaferović, anggota Muslim Bosnia dari kepresidenan tripartit Bosnia, menyerukan lebih banyak dari para pemimpin dunia dalam menghadapi upaya untuk meremehkan, merelatifkan, atau menyangkal apa yang terjadi.

“Saya menyerukan kepada teman-teman kita dari seluruh dunia untuk menunjukkan, tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan tindakan, bahwa mereka tidak akan menerima pembantahan genosida,” katanya. “Genosida Srebrenica dibantah para pemimpin Serbia. Kami berutang bukan hanya pada Srebrenica, tetapi juga pada kemanusiaan, untuk menentang pembantahan itu,” tambahnya.

Seruan serupa datang dari Bakir Izetbegović, Kepala Partai Aksi Demokratik (SDA), partai politik Muslim Bosnia utama. “Komunitas internasional tidak membela Srebrenica 25 tahun yang lalu, tetapi memiliki kemungkinan untuk membela kebenaran itu saat ini,” katanya.

Bosnia masih terpecah secara etnis, seperempat abad setelah eksekusi brutal pada Juli 1995. Lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia, yang dipilih dan dibunuh dalam 10 hari oleh pasukan Serbia Bosnia. Dalam operasi yang direncanakan sebelumnya, banyak yang dibawa dengan bus untuk dieksekusi, dan buldoser digunakan untuk mendorong mayat mereka ke kuburan massal di tengah hutan.

Namun, orang-orang Serbia Bosnia masih memuliakan para pemimpin masa perang mereka, Radovan Karadzic dan Ratko Mladic sebagai pahlawan. Beberapa bahkan mengadakan perayaan pembebasan Srebrenica 1995.

Serbia meminta maaf atas pembantaian itu tetapi masih membantah interpretasi internasional yang meluas bahwa peristiwa itu adalah genosida. Pada saat itu, pengusiran orang Bosnia yang sebagian besar Muslim, dalam apa yang disebut pembersihan etnis, adalah bagian dari upaya untuk menciptakan kejayaan Serbia.

Saat ini, beberapa pemimpin Serbia dituduh secara aktif terlibat dalam pembantahan genosida.  Salah satu tokoh tersebut adalah Milorad Dodik, anggota kepresidenan Bosnia tripartite dari Serbia. Tahun lalu, ia menyebut pembantaian Srebrenica sebagai mitos palsu.