Untuk Pertama Kalinya Partai Islam Berdiri di Spanyol

Mostafa Bakkach El-Aamrani

Untuk pertama kalinya Partai politik Islam didirikan di Granada Spanyol dan akan ikut dalam pemilihan umum kotamadya di beberapa kota yang ada di Spanyol, seperti dilaporkan media Spanyol pada hari Sabtu lalu.

Partido Renacimeinto y Unión España atau PRUNE (partai kebangkitan dan perstaun) Spanyol menyatakan bahwa partai mereka terbuka untuk seluruh masyarakat dunia.

Partai ini didirikan oleh penulis, penyair, dan juga jurnalis bernama Mustafa Bakkach El-Aamrani. Ia adalah wakil presiden dari Federasi ‘Entitas Agama Islam Spanyol’.

Tujuan berdirinya PRUNE dinyatakan oleh partai adalah untuk menjadi corong bagi suara kaum "minoritas" yang ada di Spanyol.

Partido Renacimeinto y Unión España berdasarkan Islam, partai ini menyatakan akan ikut dalam pemilihan wali kota tahun depan di kota Málaga, Madrid, Barcelona, Murcia, Valencia, Oviedo dan Toledo dalam sebuah manifesto ‘keadilan, kesetaraan dan solidaritas’.

Pendaftaran legal formal telah dikirim ke Departemen Dalam Negeri pada bulan Mei 2009 dan mendapat persetujuan berdiri dari pemerintah pada tanggal 23 Juli tahun lalu, menurut laporan media.

Pendiri partai Mustafa Bakkach El-Aamrani, merupakan muslim kelahiran Maroko, dirinya memperoleh kewarganegaraan Spanyol pada tahun 2001 dan saat ini tinggal di Granada. (fq/wb)