Pasca Sterilisasi, Saudi Akan Buka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Eramuslim – Setelah hampir dua bulan ditutup, Pemerintah Arab Saudi dikabarkan akan segera mencabut kebijakan lockdown di dua tempat paling suci bagi umat Muslim di dunia yakni, Masjidil Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

Kabar baik ini pertama kali dibagikan oleh Haramain Harifain melalui unggahan di Facebook dan Twitternya. Disebutkan bahwa dalam waktu dekat ini, seluruh umat Islam dapat kembali melaksanakan ibadah di kedua tempat paling suci tersebut.

Lalu benarkah Arab Saudi akan cabut lockdown di Masjidil Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah)? Dilansir dari theislamicinformation pada Rabu (29/4/2020), dikabarkan penarikan kebijakan lockdown atau membuka kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ini ditetapkan setelah Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melakukan sterilisasi serta memastikan seluruh area aman dari paparan virus corona atau COVID-19.

Untuk diketahui pada Selasa 28 April 2020 Imam Besar Masjidil Haram Syeikh Abdurrahman Al Sudais beserta rombongan telah melakukan upaya sterilisasi di seluruh area Masjidil Haram, tak terkecuali Ka’bah.

Mereka menggunakan alat khusus yang dikenal dengan istilah teknologi ozon untuk memastikan proses disinfeksi berjalan efektif. Penelitian telah membuktikan ozon dapat menjadi disinfektan yang efektif, baik di udara maupun di dalam air.