Pasukan Keamanan Afghanistan Tembaki Tentara Spanyol

Laporan terbaru mengatakan dua tentara Afghanistan telah menembaki tentara Spanyol yang bertugas di Afghanistan yang dilanda perang.

Insiden itu terjadi di barat laut Provinsi Baghdis pada hari sabtu kemarin (10/11).

Laporan mengatakan seorang tentara Spanyol terluka dalam serangan tersebut. Pejabat keamanan Afghanistan setempat mengatakan para penyerang kini telah ditahan.

Insiden ini adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan yang dilakukan aparat keamanan Afghanistan yang menargetkan rekan asing mereka di negara itu.

Selama beberapa bulan terakhir, telah terjadi peningkatan serangan ‘green-on-blue’ di Afghanistan, di mana pasukan keamanan Afghanistan melepaskan tembakan senjata mereka kepada pimpinan pasukan asing. Lebih dari 60 tentara asing telah tewas dalam serangan seperti itu sejauh ini pada tahun 2012.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menolak klaim Barat bahwa pembunuhan pasukan asing dilakukan oleh gerilyawan yang telah menyusup ke dalam pasukan keamanan Afghanistan.

Kementerian menambahkan bahwa serangan ‘green on blue’ kebanyakan karena tentara Afghanistan merasa terhina dengan sikap pasukan asing pimpinan AS yang tidak menghormati budaya Afghanistan dan nilai-nilai Islam.(fq/prtv)