Pejabat Korup Thailand Menjual Pencari Suaka Muslim Rohingya ke Sindikat Perdagangan Manusia

Beberapa Media lokal Thailand baru-baru ini mengungkap tentang keterlibatan pejabat korup di Thailand dalam penjualan pencari suaka dari Muslim Rohingya untuk sindikat perdagangan manusia.

Seperti yang diungkapkan oleh BBC Inggris pada hari Senin, bahwa ribuan Etnis Muslim Rohingya di Myanmar akhirnya datang ke Thailand menggunakan perahu untuk melarikan diri dari penindasan yang dilakukan oleh negara mereka sendiri, namun beberapa perahu tersebut dicegat oleh pejabat korup Thailand kemudian dijadikan komoditi dalam sindikat perdagangan manusia.

Dalam hal ini, pemerintah Thailand langsung mengumumkan akan menyelidiki kebenaran berita ini, yang ia sebut “sangat mengkhawatirkan”.

Perlu di ingat bahwa kekerasan yang terjadi di Myanmar telah menyebabkan kematian ratusan Muslim Rohingya, dan pembakaran serta penghancuran lebih dari tiga ribu rumah, selain itu puluhan ribu umat Islam akhirnya memilih berimigrasi ke beberapa negara tetangga, terutama Bangladesh.., dan kini mereka tinggal di kamp-kamp pengungsian. (hr/Islam today)