Pelarangan Menara Masjid di Swiss Menjalar ke Eropa

Larangan pembangunan menara masjid di Swiss telah bergema di seluruh Eropa, dengan adanya seruan di Belanda, Belgia dan Italia untuk melakukan referendum yang sama untuk melarang simbol-simbol Islam.

"Kami akan menyerukan kepada pemerintah untuk memungkinkan pelaksanaan referendum serupa di Belanda," kata Geert Wilders, pemimpin sayap kanan dari Partai Kebebasan Belanda, kepada harian De Volkskrant Senin kemarin (30/11).

"Ini untuk pertama kalinya bahwa masyarakat di Eropa telah berdiri untuk menentang suatu bentuk Islamisasi," kata Wilders.

"Apa yang bisa dilakukan di Swiss, bisa juga dilakukan di sini."

Wilders, yang terkenal karena serangannya terhadap Islam dan umat Islam lewat film "Fitna" nya tersebut, juga menyerukan penghentian imigrasi dari negara-negara Muslim dan melarang pembangunan masjid di Belanda

Tidak untuk menara masjid

Di Belgia, kelompok sayap kanan Vlaams Belang mengatakan akan menyerahkan keputusan kepada DPRD Flemish untuk melarang menara-menara di negeri itu, seperti dilaporkan Agence France-Presse (AFP).

Partai sayap kanan mengatakan menara masjid hanya akan "merusakkan lingkungan mereka serta identitas budaya yang ada."

Liga Utara yang Anti-imigran juga menyerukan larangan menara di Italia.

"Swiss telah mengirimkan sinyal yang jelas: ya untuk lonceng menara, bukan untuk menara masjid," kata anggota Liga yang juga menteri administrasi Roberto Calderoli.

"Bendera Swiss yang berani ingin bendera Kristen tetap berkibar dari usaha Islamisasi Eropa," tambah Mario Borghezio, anggota parlemen Europa untuk Liga Utara.

Liga Utara secara luas dituduh rasisme dengan banyak kritikus menyebutnya sebagai BNP nya Italia, mereferensi ke partai sayap kanan Inggris.

Kampanye pemilu liga utara yang diangkat selalu seputar isu-isu seperti imigrasi, kejahatan dan ketakutan ekonomi dan budaya dari imigrasi.

Menggambarkan dirinya sebagai sebuah pembelaan terhadap akar Kristen Italia, hal inilah yang menjadikan Menteri Silvio Berlusconi memulai misi Perdana dengan melarang sebuah masjid di utara kota Verona.

Tahun lalu, Liga Utara dengan gembira merayakan keberhasilan kampanye mereka untuk menghentikan pembangunan masjid di utara kota Bologna.

Dan tahun lalu juga, anggota parlemen dari Liga – Mario Borghezio tiba-tiba masuk ke sebuah gereja di sebelah utara kota Genoa dengan berteriak-teriak dengan pernyataan yang anti-Islam.(fq/iol)