Pemberontak Syiah Houthi Bunuh Mantan Presiden Yaman

Eramuslim.com – Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh tewas dalam sebuah penembakan. Saleh terbunuh dalam serangan pemberontak Houthi saat konvoi di selatan ibu kota Yaman, Sanaa.

Dilansir AFP, tewasnya Saleh dikonfirmasi oleh seorang pemimpin di Kongres Rakyat Umum, Faiqa al-Sayyid. Saleh terbunuh pada Senin (4/12).

“Dia menjadi martir dalam membela republik ini,” kata Sayyid yang juga berasal dari partai yang sama dengan Saleh, Senin (4/12/2017).

Pemberontak Houti berkumpul di luar rumah mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang tewas terbunuhPemberontak Houti berkumpul di luar rumah mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang tewas terbunuh (Foto: REUTERS/Khaled Abdullah)

Sayyid menyalahkan pemberontak Houthi atas pembunuhan tersebut. Dia mengatakan Saleh dan pejabat tinggi partai lainnya ditembaki pemberontak Houti saat akan menuju wilayah yang dikuasi kuat oleh para loyalis mantan presiden tersebut.

Pemberontak Houthi lalu menghentikan konvoi empat mobil tersebut sekitar 40 kilometer selatan Sanaa. Seorang sumber militer mengatakan, penembakan itu mengakibatkan tewasnya Saleh, Sekretaris Jenderal GPC Arif al-Zouka, dan wakilnya Yasir al-Awadi.

Saleh menjabat sebagai Presiden Yaman selama 33 tahun. Dia mengakhiri masa kekuasaannya pada tahun 2012 lalu.(lk/dtl)