Pengangguran Semakin Tajam di Amerika

 

Pengangguran meningkat di kebanyakan kota besar di Amerika, terutama pada bulan Desember 2009, menandakan bahwa ekonomi belum pulih. Begitu menurut laporan Departemen Tenaga Kerja Amerika, Selasa kemarin (3/2). Tingkat kenaikan ini bahkan lebih buruk daripada bulan sebelumnya, November.

Sebagai contoh, tingkat pengangguran di Ocean City, NJ, yang menyebut dirinya sebagai "Resort Keluarga Amerika Terbesar," meloncat ke angka 16,4 persen pada Desember, dari 14,8 persen bulan sebelumnya.  Ocean City adalah salah satu dari 19 metro area yang tingkat pengangguran mencapai kenaikan sampai 15 persen. 

Detroit mengalami tingkat pengangguran yang turun menjadi 15,7 persen dari 16,4 persen, sedangkan Warren juga turun menjadi 14,3 persen dari 14,8 persen. Tapi lihatlah angkanya yang tidak signifikan.  Steve Cochrane, seorang ekonom regional di Moody’s Economy.com, mengatakan ,"Tidak ada jaminan tingkat pengangguran tidak akan naik lagi."

Jika dihitung secara rata, maka pengangguran di tingkat nasional, adalah 10 persen pada Desember, tidak berubah dari bulan sebelumnya.  Tahun lalu, pengangguran meningkat di hampir semua 372 wilayah metro, kecuali satu: Troubled Elkhart, Ind.

Pengangguran di Elkhart dan wilayah sekitarnya di bagian utara Indiana melonjak selama resesi, setelah banyak produsen kendaraan memberhentikan pekerjanya dan dalam beberapa kasus, menutup pintu lowongan kerja. Presiden AS Barack Obama mengunjungi Elkhart dua kali tahun lalu. (sa/msnbc)